Kamis, 23 November 2017

Kue Kering yang Wajib Ada Saat Lebaran!!!

Pada setiap perayaan lebaran, ada satu momen yang selalu hadir dan ditunggu-tunggu, yaitu menikmati kue kering khas Lebaran. Entah dari mana awal mula tradisi kue kering lebaran ini berasal, tapi orang Indonesia memang menjadikan kue kering sebagai salah simbol hari raya lebaran. Kue apa saja itu? Yuk, simak ulasannya!





1. Nastar

 Kue Kering yang Wajib Ada Saat Lebaran!!!

Nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu “Ananas/ nanas” dan “Taart/tart/pie” yang artinya Tart nanas. Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh. Kue nastar menjadi salah satu primadona ketika lebaran karena rasanya yang manis dan sedikit asam, serta tekstur kuenya yang lembut.



2. Putri Salju

 Kue Kering yang Wajib Ada Saat Lebaran!!!

Kue kedua yang selalu ada pada saat lebaran adalah putri salju. Kue putri salju adalah sejenis kue kering yang berbentuk bulan sabit dan di atasnya diselimuti dengan gula halus seperti salju. Kue putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang dan di atasnya diselimuti dengan gula halus. Kue ini banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang enak, gurih dan dingin ketika menggigitnya.


3. Kastangel

 Kue Kering yang Wajib Ada Saat Lebaran!!!

Kastengel (bahasa Belanda kaas, keju; stengel, batang) adalah kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang, panjangnya sekitar 3-4 cm dan lebarnya 1 cm, dan dipanggang di dalam oven hingga kuning keemasan. Jenis keju yang digunakan tergantung pada resep dan selera orang yang membuat, bisa berupa keju Gouda, Edam, atau keju cheddar. Keju Parmesan juga sering digunakan agar kue lebih harum. Kastengel menjadi salah satu kue kering terlezat yang harus ada saat lebaran. Rasanya yang gurih membuat orang yang memakannya selalu ketagihan untuk menikmatinya lagi.


4. Kue Bawang

 Kue Kering yang Wajib Ada Saat Lebaran!!!

Sekilas cemilan ini terlihat seperti pangsit, tapi ternyata beda, lhoo.. Kue bawang memang terbuat dari terigu, tepung sagu, telur, dan mentega atau margarin, tapi ada pembedanya dengan pangsit biasa, yaitu penggunaan santan pada pembuatan kue bawang. Itu sebabnya kue bawang terasa sangat gurih. Belum lagi sensasi dan aroma bawangnya yang menggoda.


5. Lidah Kucing

 Kue Kering yang Wajib Ada Saat Lebaran!!!

Kue lidah kucing adalah sejenis kue kering yang berbentuk seperti lidah kucing (panjang dan tipis) yang berasal dari Belanda. Kue lidah kucing memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah.


6. Kacang Bawang
 Kue Kering yang Wajib Ada Saat Lebaran!!!


Kacang bawang adalah makanan ringan yang sangat umum dijumpai terutama pada perayaan hari lebaran atau tahun baru atau kegiatan yang berhubungan dengan perayaan adat atau keagamaan, seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan Perkawinan. Kacang bawang berasal dari kacang tanah yang mendapat perlakuan khusus, dengan penambahan berbagai macam bumbu yang menjadikan kacang tersebut memiliki rasa yang spesifik. Kacang tanah yang telah dikupas kulitnya direndam dalam air panas untuk menghilangkan kulit arinya dan membuat kacang tersebut lunak. Setelah kulit ari kacang tersebut terkelupas, kacang yang telah kehilangan kulit arinya ditiriskan untuk kemudian digoreng dengan menggunakan minyak kelapa yang tua dengan penambahan bumbu berupa bawang putih yang diiris tipis-tipis dan garam sebagai penyedap. Setelah kacang yang digoreng tersebut berwarna coklat terang dan berbau harum, maka kacang harus segera diangkat dan ditiriskan untuk selanjutnya sudah dapat dihidangkan. (F.I)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar